Printer Thermal, Printer Cepat dengan Harga Ekonomis

No Comments


Sahabat De Teknologi sekalian - Kali ini kita akan bagi informasi nih tentang printer thermal dan fungsinya,  semoga dapat menambah wawasan sahabat sekalian ya. printer ini adalah printer yang menggunakan pemanas dalam proses mengaktifkan tintanya, printer ini dapat mencetak kata maupun gambar. Printer thermal lebih efesien jika dibandingkan dengan printer dot matrix pada umumnya, dengan ukuran yang kecil dan harga yang ekonomis, printer ini sangat cocok untuk pemakaian cepat, dan yang terakhir tidak perlu perawatan khusus.


Proses kerja


printer thermal menggunakan pemanas untuk mencetak karakter atau gambar di permukaan kertas. kepala printer mengirimkan panas tersebut ke lebaran kertas, kemudian pin yang telah dipanaskan mencetak karakter atau gambar tersebut.


Fungsi Printer Thermal


Printer thermal biasanya digunakan dengan komputer ataupun system POS, printer ini banyak digunakan pada bidang pekerjaan yang membutuhkan hasil yang sangat cepat, seperti pesanan, daftar harga, label barcode. Penggunaanya dapat diterapkan di minimarket, pom bensin, rumah makan, dan lain - lain.


Jenis-jenis Printer Thermal


Berikut jenis-jenis printer thermal :


1. Thermal Wax Printer


Printer ini, menggunakan pin yang dipanaskan kemudian melelehkan lilin yang mengandung tinta untuk mencetak, lilin dan material tersebut mencegas tinta tersebar (kebocoran tinta), Printer ini memerlukan perawatan berkala untuk membersihkan tinta dan sisa-sisa lilin di kepala printer.

2. Direct Thermal Transfer


Printer ini bekerja menggunakan kepala pin yang dipanaskan langsung memberikan informasi kepada printer thermal, jenis printer ini tidak memerlukan pita ribbon untuk mencetak, oleh karena itu perawatan yang tidak perlu seperti Thermal Wax Printer


Fitur-fitur Printer Thermal


Ukuranya yang kecil menjadikan printer ini memiliki komponen-komponen sederhana. Terdapat plat yang bertanggung jawab untuk menggulung kertas masuk ke printer dan menggerakan kepala printer untuk bersentuhan langsung dengan kertas. Kepala printer merupakan komponen utama yang menyalurkan panas berdasarkan data yang ada untuk dicetak di atas kertas. Kertas yang digunakan printer ini adalah kertas khusus yaitu kertas thermal.

Sekian informasi yang kita dapat sampaikan, semoga informasi mengenai Printer Thermal, Printer Cepat dengan Harga Ekonomis dapat menambah wawasan sahabat sekalian. Terimakasih.

Simak juga videonya dibawah ini :






bila anda berkomentar maka gunakan lah kata-kata yang baik dan benar Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.